Annapurna Base Camp (ABC) di Nepal

8 April 2018, pas setahun pendakian aku ke Annapurna Base Camp (ABC) di Nepal. Aku seakan bernostalgia dengan peristiwa-peristiwa mengasyikan yang aku natural, malahan sampai ketika ini aku masih mengingat tiap detik ketika menapakkan kaki di sana. Memang sih, cuma hingga ke base camp-nya saja, tak ke puncaknya. Cuma pendaki profesional yang diizinkan meneruskan perjalanan ke puncak sebab risikonya benar-benar tinggi. Aku sih sadar akan kecakapan lahiriah aku sendiri, jadi tidak berharap muluk-muluk hingga ke puncak.

Perjalanan ke ABC yaitu mimpi aku semenjak lama. Semuanya bermula dari ketika aku menonton film Vertical Limit (2000) yang menyebutkan seputar pendakian gunung es. Sebetulnya aku berharap sekali mendaki Carstensz Pyramid di Papua, namun sesudah baca-baca ulasan-nya aku jadi mengurungkan niat dan lebih memilih ke ABC. Kecuali jalanan yang susah dan cuma dapat didaki oleh pendaki profesional, tarif yang mesti dikeluarkan untuk hingga ke Puncak Jaya malahan cukup mahal. Jadi, lebih bagus aku memilih jalanan pendakian yang “ramah turis” dan tidak terlalu menyakiti dompet

Nah, lewat artikel ini aku berharap berbagi pengalaman sekalian kiat untuk kau yang juga berharap menjalankan pendakian ke Annapurna Base Camp tanpa menerapkan jasa guide atau porter. Simak, yuk!

1. Lakukan riset mendalam seputar destinasi yang kau tuju

Sebelum menjalankan perjalanan, penting sekali bagi kau untuk menjalankan riset seputar destinasi tujuanmu. Mulailah dengan mencari tahu seputar biaya angkutan awam, penginapan, dan resto yang tersedia, serta tarif dan prasyarat yang mesti kau siapkan untuk mengurus visa dan izin mendaki. Dengan riset ini kau dapat mengenal kisaran uang yang mesti kau persiapkan untuk perjalananmu. Untuk ke ABC sendiri, jangan lupa mencari tahu soal jalanan pendakian beserta kekurangan dan kelebihannya ya!

2. Pilih waktu terbaik untuk mendaki dan persiapkan peralatan pendakian

Musim terbaik untuk mendaki ABC yaitu pada bulan April-Mei dan September-November. Di waktu hal yang demikian cuaca relatif cemerlang dan lebih hangat ketika musim dingin serta lebih menantang ketika sedang bersalju. Aku menentukan berangkat ke Nepal pada bulan April 2017 dan sengaja memilih waktu mendaki yang paling “aman” sebab berharap memangkas budget dengan tak menerapkan jasa guide atau porter. Jalanan ABC sendiri relatif aman dan tersedia banyak penginapan serta resto di tiap-tiap desa sehingga aku tak perlu membawa barang terlalu banyak. Siapkan saja baju penghangat, baju hangat, sleeping bag, camilan, obat-obatan pribadi, dan yang lebih-lebih uang yang cukup untuk menginap dan makan!